Tendangan Bebas (Free Kick)

Tendangan bebas biasa dilakukan oleh suatu tim jika terdapat pelanggaran yang dilakukan lawan bertandingnya. Tendangan bebas merupakan tendangan yang dilakukan tanpa mendapatkan gangguan dari pemain lawan. Pemain lawan boleh menghalangi di depannya, tapi pada jarak beberapa meter dari titik tendangan bebas dilakukan. Tendangan bebas yang biasa diberikan oleh wasit terdapat 2 jenis, yaitu tendangan bebas tidak langsung dan tendangan bebas langsung.

Tendangan bebas tidak langsung biasanya diberikan wasit apabila terjadi pelanggaran yang tidak terlalu keras. Tendangan bebas ini harus diawali dengan sentuhan pemain lain, sebelum sang eksekutor sebenarnya menendang ke arah gawang. Tidak boleh langsung mengarah ke gawang. Untuk tendangan bebas ini biasanya tandanya adalah wasit mengangkat tangannya lurus ke atas sambil meniup peluitnya.

Tendangan bebas langsung dilakukan jika terjadi pelanggaran yang cukup keras / berbahaya di dekat area kotak penalti lawan. Tendangan ini dapat langsung diarahkan ke gawang oleh sang eksekutor, tanpa menyentuh pemain lainnya terlebih dahulu. Untuk jenis tendangan bebas ini, wasit memberi tanda dengan mengangkat tangannya dan lurus menunjuk ke arah gawang sambil meniup peluitnya.

Para jagoan tendangan bebas di dunia ini sangat banyak. Dari Andrea Pirlo, David Beckham, Juninho Pernambucano, Alessandro Del Piero, sampai Christiano Ronaldo. Mereka memiliki tendangan yang sangat akurat ketika menjadi eksekutor tendangan bebas, baik memberi umpan maupun langsung mencetak gol ke gawang lawan. Ada yang tipikal nya menendang dengan sekera-kerasnya tapi akurat sehingga seringkali bola melayang tapi tidak berputar dan menghujam keras ke dalam gawang dan tidak mampu diantisipasi kiper lawan. Namun ada juga, tendangan bebas yang dilakukan dengan teknik tendangan parabola atau orang sering bilang tendangan pisang. Tendangan bebas jenis ini seringkali lebih mengecoh kiper maupun pemain yang menjadi pagar betis, karena arah bola yang seringkali tidak terduga tujuannya. Menendang ke kiri, tapi pada akhirnya berbelok ke kanan, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, tendangan bebas jenis ini seringkali lebih mengecoh dan mampu menghasilkan gol yang tentunya menjadi tujuan sang eksekutor tendangan bebas itu sendiri

Posted on 05.40 by beckham and filed under | 0 Comments »

0 komentar: